Selasa, 21 Juni 2011

Winter Solstice | Takashi Murakami Google Doodles

http://3.bp.blogspot.com/-IRGC0_RrsxM/TgEkImUZWMI/AAAAAAAADY8/NQ76oxgdaas/s1600/6-24-2011%2B6-58-57%2BAM.jpg
Winter Solstice - Hari ini Google kembali mengubah logo sesuai dengan momen yang diperingatinya atau yang sering disebut dengan istilah Google Doodle dengan tajuk First Day of Winter, Doodle by Takashi Mukarami 2011 .
Fenomena Winter Solstice ini terjadi selama 2 kali dalam setahun, dan pada tahun 2011 ini terjadi pada Juni 2011 untuk kali pertama, sementara kejadian kedua akan terjadi pada 22 Desember 2011 mendatang.

Peristiwa Winter Solstice juga dikenal sebagai penanda hari pertama musim dingin (winter) untuk belahan bumi bagian utara, dan musim panas (summer) untuk belahan bumi bagian selatan.

Pada saat terjadinya Winter Solstice, matahari akan mencapai titik paling selatan yang dikenal dengan istilah Tropic of Capricorn setelah akhirnya akan kembali bergerak ke arah utara.

Peralihan musim ke musim dingin ini, juga ditandai dengan hari yang terpedek dalam satu tahun. Artinya akan terjadi siang terpendek dan malam terpanjang dalam hemisfer. Sebaliknya peralihan ke musim panas sekaligus merupakan hari yang terpanjang.

Fenomena siang dan malam terpanjang ini terjadi karena kemiringan sumbu rotasi bumi yang besarnya 23.5 derajat, sehingga dalam peredarannya mengelilingi matahara, baik belahan Bumi utara maupun selatan secara bergantian akan menerima peredaran sinar matahari secara langsung lebih besar bila dibandingkan dengan hemisfer yang sebaliknya.

Semoga informasi singkat tentang Winter Solstice ini dapat bermanfaat bagi kita, khususnya yang tinggal di Indonesia yang berada di garis khatulistiwa dan tentu tidak pernah mengalami fenomena Winter Solstice sehingga banyak diantara kita yang tidak mengenal sama sekali dengan istilah ini.



source

Tidak ada komentar:

Posting Komentar