Minggu, 19 Juni 2011

Penghargaan Seumur Hidup Untuk Morgan Freeman

http://klimg.com/kapanlagi.com/p/morgan_freeman01a-121010.jpg
Aktor veteran Amerika Serikat yang pernah memenangkan penghargaan Oscar, Morgan Freeman, menerima penghargaan Pengabdian Seumur Hidup dari Institut Film Amerika (AFI) dalam acara yang dihadiri banyak bintang film ternama di Los Angeles.

Clint Eastwood dan aktris kawakan Inggris Helen Mirren adalah di antara sejumlah insan film yang memberikan penghormatan kepada aktor berusia 74 tahun itu dalam sebuah upacara yang dilangsungkan di gedung Sony Studios di Culver City, Jumat (10/6).


"Sangat mudah menerimanya tetapi sangat sulit mempercayainya," kata Freeman, yang menjadi orang ke-39 yang menerima penghargaan bergengsi dari AFI itu.

"Di tempat asal saya di Mississippi, mereka menyebut ini kebahagiaan yang tidak terkira."

Acara perayaan karir Freeman yang berlangsung selama tiga setengah jam itu menampilkan berbagai klip dari film-film Freeman yang sukses. Diantaranya adalah Glory, Driving Miss Daisy dan Million Dollar Baby.

Aktor dan aktris yang pernah bermain film dengan Freeman bergantian memberikan pidato berisi pujian dan kelakar mengenai Freeman.

Clint Eastwood menyebut dia "orang yang paling mudah sebagai kawan".

"Dalam dunia yang penuh dengan batu sirkon, anda adalah berlian asli," kata aktor Pulp Fiction Samuel L Jackson, yang dekat dengan Freeman dan pernah menjadi pemain pengganti Freeman dalam sebuah pagelaran teater di New York.

Aktor Forest Whitaker, yang pernah memerankan Idi Amin dalam film The Last King of Scotland menyebutnya sebagai "seorang penasihat, lentera, tempat mengadu, pelindung dan seorang kawan".

Aktor veteran kulit hitam lainnya, Sidney Poitier dan pemeran pendamping Freeman dalam film The Shawshank Redemption, Tim Robbins, juga ikut memberi pujian.

Para insan film lain yang pernah menerima penghargaan serupa dari AFI diantaranya adalah Poitier, Eastwood, Elizabeth Taylor dan sutradara Steven Spielberg. (BBC/OL-3)



Tidak ada komentar:

Posting Komentar