Minggu, 19 Juni 2011

Jamur SpongeBob Ditemukan di Hutan Kalimantan

http://static.inilah.com/data/berita/foto/1611202.jpg
Hutan Kalimantan menyimpan sejuta kekayaan, disana peneliti menemukan jamur spesies baru yaitu Spongiforma squarepantsii. Mengingatkan kita pada si tokoh kartun? Memang iya. Nama ilmiah itu diambil dari tokoh kartun SpongeBob Squarepants.


Penemuan jamur spons laut ini sebenarnya bukan kali pertama. S. squarepantsii ditemukan pertama kali pada 2010 di Lambir Hills Sarawak, Malaysia, oleh peneliti dari San Francisco State University.

Setelah diamati di bawah mikroskop elektron, peneliti menemukan area produksi spora pada jamur ini kelihatan seperti dasar laut yang dilapisi spons.

Jamur berwarna oranye ini berbau tajam dan jika ditetesi bahan kimia ia akan berubah warna jadi ungu. Ciri khasnya tidak berkepala, tidak bertangkai, dan seperti spons ia akan kembali ke bentuk semula jika diremas.

Dennis Desjardin, profesor ekologi dan evolusi Departemen Biologi SFSU mengatakan, "Bentuknya mirip spons. Dalam keadaan basah, jamur ini bisa diperas dan keluar air, setelah itu bentuknya kembali seperti sedia kala. Sedangkan jamur umumnya tidak begitu."






source

Tidak ada komentar:

Posting Komentar